Rich & Moist Chocolate Banana Bread

Baca Juga


Dari dulu selalu susaah banget mau bikin cake pisang atau banana bread. Aisyah & Hasna emang bener-bener pecinta pisang. Beli pisang 2 sisir bisa buat mereka sendiri dan habis dalam 2 hari. Jadi boro-boro nungguin pisangnya benar-benar mateng buat dibikin cake, udah habis duluan pasti sama mereka ^^
Pas lagi nyobain belanja sayur di tempat baru, alhamdulillah nemu pisang yang dijual promo karena udah kematengan. Wah, seneng bangeet! Udah langsung bisa dibikin cake, harganya murah pula xixixi..
Akhirnya bisa eksekusi resep banana bread milik mbak Hesti yang udah sekian lama diincer ini. Perpaduan pisang dan sour cream pasti membuat cake/bread ini super moist. Legit manis dari pisang dipadu dengan rasa coklat, aww..baru ngebayangin udah ngecess..

Saya nemu dan tertarik resep ini pas blogwalking di blog mbak Mimie. Liat potonya, haduuuh..pengen nyomott.. Keliatan bgt moistnya dan nyoklatnya. Menurut mbak Mimie yang udah nyobain resep ini juga katanya cake ini 'mebeless'. Aihh, gmn ga makin ngecess..
Resep ini menggunakan pisang raja, tapi bisa diganti pisang apa saja, dan saya menggunakan pisang cavendish yang sudah benar-benar matang. Pas bikinnya sempet lupa masukin chocolate chips, huhuhu... Baru inget pas udah nuangin 3/4 adonan ke loyang.. Jadi yang dikasi choco chips kira2 cuma 1/4 adonannya aja. Hasilnya tetep enyaakk, moist dan lembuut tapi jadinya kurang manis buat saya. Tapi karena emang bread ini beneran enak, saya bikin pagi menjelang siang, sore udah tinggal 3 slice. Anak-anak suka banget. Dan pas ayah pulang, 3 slice itu langsung ludes sama ayah. Padahal ayah ga terlalu suke kue-kue manis lhoo.. Seneng deh yang bikin kue, kuenya laris maniiis :D


Rich & Moist Chocolate Bread
by Hesti's Kitchen via Jasmin's Kitchen

Bahan
100 gr butter, suhu ruang
120 gr gula (buat penyuka manis, bisa ditambahkan)
1 butir telur
5 buah pisang raja (saya pake 4 pisang cavendish)
1/2 sdt vanila
150 gr tepung terigu
1 sdt baking soda
2 sdm coklat bubuk (saya pake Vanhouten)
1/2 cup sour cream (saya pake 120 ml homemade sour cream*)
1 cup choco chips (185 gr)
saya tambahkan 1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan oven 175 C. Olesi loyang kotak 30x10 cm dengan margarin/mentega, alasi dengan baking paper
2. Ayak tepung, baking soda, coklat bubuk dan garam. Sisihkan
3. Lumatkan pisang dengan garpu. Sisihkan
4. Kocok butter dan gula hingga light & fluffy. Tambahkan telur, kocok lagi hingga rata. Masukkan vanilla, pisang dan sour cream, kocok lagi hingga rata
5. Tambahkan campuran tepung. Aduk balik dengan spatula hingga rata (saya pake whisk, dikocok pelan baru diakhiri dengan spatula)
6. Tambahkan choco chips, aduk rata (yang ini saya lupa kerjain -.-'). Tuang ke loyang, kemudan taburi atasnya dengan choco chipd
7. Panggang 50-60 menit (saya 55 menit dengan api atas dan bawah). Saat tes tusuk, masih akan ada moist crumb di tusuk gigi yang ditusukkan.
Dinginkan dalam loyang 10 menit, setelah itu dinginkan di atas rak kawat.

*) homemade sour cream
120 ml sour cream = 120 heavy cream (saya pake yang 30%) + 1/2 sdm air lemon/nipis, diamkan 1jam di suhu ruang (hangat), aduk hingga mengental. Siap dipakai
homemade sourcream, 1 jam setelah dibuat
Selamat mencoba! ^^